Pentingnya Perangkat Lunak

Perangkat Lunak (software) adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan (User manual). sebuah program tanpa terasosiasi dengan dokumentasi maka belum dapat disebut dengan perangkat lunak (software). Sebuah perangkat lunak juga sering disebut dengan sistem perangkat lunak. sistem berarti kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin dicapai.

Sistem perangkat lunak berarti sebuah sistem yang memiliki komponen berupa perangkat lunak yang memiliki hubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. pelanggan adalah orang atau organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak dari pengembang perangkat lunak atau bisa disebut dianggap bahwa pelanggan adalah orang atau organisasi yang sukarela mengeluarkan uang untuk memesan atau membeli perangkat lunak. User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaannya.

Karakter Perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  • Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa bukan diproduksi secara manufaktur atau pabrikan
  • Perangkat lunak tidak pernah usang (wear out) karena kecacatan dalam perangkat lunak dapat diperbaiki
  • Barang produksi pabrikan biasanya komponen barunya akan terus diproduksi, sedangkan perangkat lunak biasanya terus diperbaiki seiring bertambahnya kebutuhan.

modul pembelajaran rekayasa perangkat lunak.(Bandung: Rosa A,S dan M. Shalahudin,2011)hlm.1.

* * *

Dari penjelasan yang dikutip dari buku diatas kita bisa mengetahui bahwa perangkat lunak sangatlah penting, dikarenakan perangkat lunak adalah sistem yang berfungsi sebagai interface antara pelanggan atau user dengan perangkat keras guna memenuhi atau mempermudah kebutuhan dan kepentingan pelanggan atau user dalam pekerjaannya. Perangkat lunak ada berbagai macam diantarnya adalah Operation system(Os), aplikasi dan bahasa pemograman.

Apalagi pada era modern ini, manusia sangatlah bergantung pada teknologi yang dimana sistem yang menjalankannya adalah aplikasi berbasis software. tentu saja kita tidak bisa menyangkal lagi bahwa perangkat lunak (Software) sangatlah penting guna mempermudah pekerjaan, bahkan lebih dari sekedar pekerjaan ada banyak hal dari perangkat lunak yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari, seperti halnya komunikasi, informasi dan hiburan.

NAMA           : Taufan Fachri Muliawan

NIM              : 41816010044

MATKUL       : REKAYASA PERANGKAT LUNAK

HARI/JAM   : SELASA, 07:30-10:00 WIB

KELAS          : D-306

DOSEN         : NIA KUSUMA WARDHANI, S.Kom,MM

 

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar